Dampak Teknologi Terhadap Pelestarian Budaya di Jawa Tengah

Seiring berkembangnya zaman dari dulu sampai sekarang, telah mengalami banyak perubahan apalagi dalam bidang teknologi. Setiap saat bahkan setiap waktu teknologi dapat berubah dengan pesatnya mengingat kita hidup di zaman era globalisasi yang semakin berkembang dan berkembang.

  
Kemudian apa hubungannya antara teknologi yang semakin berkembang dengan pelestarian kebudayaan?. Tentunya tidak dapat dipisahkan karena  berkembangnya teknologi dengan pelestarian kebudayaan di Jawa Tengah membawa sebuah dampak yang dapat mempermudah pelestarian kebudayaan di Jawa tengah dan atau bahkan dapat membuat kebudayaan tersebut hilang.  
Kenapa saya berpendapat seperti itu, karena menurut saya dengan berkembangnya teknologi dapat membuat pelestarian kebudayaan semakin mudah seperti membuat blog dengan tema kebudayaan-kebudayaan yang ada di Indonesia, dengan salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi seperti itu kita dapat dengan mudah memberikan informasi-informasi tentang kebudayaan kepada siapapun dan dimanapun karena blog tersebut tersambung dengan internet. 

Namun kenapa tadi saya berpendapat justru karena berkembangya teknologilah yang memudarkan kebudayaan, karena dengan berkembangnya teknologi dapat membuat kebudayaan asing masuk dalam kebudaya kita. Kalau kita tidak bisa menyaringnya maka hilanglah sudah kebudayaan kita. 
Di bawah ini saya akan sedikit menjelaskan dampak Positif dan negative berkembangnya teknologi di daerah asal saya yaitu Jawa Tengah, sebagai berikut :
Pengaruh Positif
Pengaruh positif kemajuan  sebagai berikut:
a.       Perubahan Tata Nilai dan Sikap. Adanya modernisasi dan globalisasi dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua irasional menjadi rasional.
b.      Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.
c.       Tingkat Kehidupan yang lebih Baik. Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Pengaruh Negative

Pengaruh negative kemajuan  sebagai berikut:
a. Pola Hidup Konsumtif. Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada.
b. Sikap Individualistik. Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.
c. Gaya Hidup Kebarat-baratan. Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.
d. Kesenjangan Sosial. Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain yang stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.
 
Kesimpulan 
Secanggih atau semaju apapun perkembangan teknologi terhadap kebudayaan kita, kalau kita salah mempergunakanya maka akan membawa kita ke dampak negative dan sebaliknya kalau kita dapat menggunakannya dengan bijak maka  akan membawa kita ke dampak positifnya.
Semuanya kembali lagi pada diri kita masing-masing, kita sebagai makhluk social apakah teknologi yang semakin canggih bisa kita maksimalkan penggunaannya atau justru menghancurkan kebudayaan asal kita terutama Jawa tengah. Semuanya ada ditangan kita, karena kita sebagai generasi penerus bangsa.
 
sumber :  http://tisukado.blogspot.com

Posting KomentarDefault Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent


Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item